STRATEGI PEMASARAN SUSU SAPI PERAH DI PETERNAKAN SAPI PONDOK PESANTREN KEDUNGLO DESA BULU KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI
Keywords:
Susu Sapi Perah, Strategi PemasaranAbstract
Sektor Peternakan merupakan sektor yang memiliki peluang sangat besar untuk dikembangkan sebagai sebuah usaha dimasa depan. Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan hewani mengakibatkan permintaan terhadap produk-produk hewani terutama produk susu menjadi meningkat. Di Indonesia, susu sapi dikenal pada abad ke-18 pada zaman penjajahan Belanda. Proses awal pemasaran dimulai semenjak digantinya sapi pedaging dengan sapi perah karena dinilai lebih mendapatkan keuntungan. Pergantian jenis sapi tersebut dimulai sejak akhir tahun 2011. Produksi susu sapi perah dititikberatkan pada kemanfaatan bagi kesehatan dan ditujukan secara khusus untuk dikonsumsi oleh pengamal wahidiyah dengan tidak mengkesampingkan kepada masyarakat umum dalam mengkonsumsi susu sapi perah. Hasil analisis SWOT didapatkan melalui beberapa tahapan, sehingga dapat menentukan alternatif strategi yang digunakan. Uji validitas dan reabelitas digunakan untuk menyatakan faktor-faktor SWOT yang dipilih melalui wawancara. Setelah itu, data di analisis dengan IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary) untuk menentukan nilai skor pada faktor kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) serta peluang (oppurtunities) dan ancaman (threats). Selanjutnya, nilai skor tersebut dimasukkan pada rumusan matrik SWOT untuk memperoleh alternatif strategi. maka, alternatif strategi yang baik diterapkan dalam pemasaran susu sapi perah yaitu strategi SO (strengths-0ppurtunities). Strategi SO adalah strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang dengan alternatif strategi sebagai berikut: mendayagunakan pasar yang sudah ada dan menata pasar yang dituju (pengamal daerah), memanfaatkan dan meningkatkan peluang kerjasama, meningkatkan kualitas dalam pengelolaan manajemen produksi, meningkatkan manajemen perawatan barang produksi dan meningkatkan pengelolaan administrasi keuangan dan pemasaran
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AGRISCIENCE
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.