ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN MARNING JAGUNG PADA UD. TAMAMA DI KABUPATEN BLITAR
Kata Kunci:
Saluran Pemasaran, Margin pemasaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifitas saluran marning jagung pada UD. Tamama di Kabupaten Blitar (2) strategi yang tepat untuk menentukan margin pemasaran pada UD. Tamama di Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Kalipang, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar pada bulan April sampai Juni 2021 dengan jumlah responden sebanyak 31 orang yang terdiri dari 10 pedagang pengepul, 15 pedagang pengecer, 5 konsumen dan 1 orang produsen marning jagung dengan menggunakan metode Snow ball (Bola Salju). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis Survei Kuantitatif dengan menggunakan rumus margin pemasaran, efisiensi pemasaran dan Analisis ratio keuntungan dan Biaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) jenis saluran pemasaran marning jagung, yaitu ; 1) produsen –Konsumen, 2) produsen –pedagang pengecer –konsumen, 3) produsen –pedagang pengepul –pedagang pengecer –konsumen. Dari ketiga saluran diatas yang menunjukkan saluran paling efektif yaitu saluran tingkat 0 (Nol).Dengan masing masing margin yaitu 1) saluran tingkat 0 (Nol) Rp. 0,-dengan Persentase margin 0 2) saluran tingkat 1 (Satu) Rp. 2,800,-dengan Persentase margin 0,48 3) saluran tingkat 2 (Dua) Rp. 2,550,-dengan persentase margin 0,45. Strategi yang tepat untuk menentukan margin pemasaran marning jagung pada UD. Tamama menunjukkan strategi saluran tingkat 0 (Nol).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AGRISCIENCE
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.