Pengembangan Media Pembelajaran PELO "Penelusuran Lokasi" Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) untuk Materi Titik Koordinat Kelas VIII di SMP Wahidiyah

Authors

  • Ardhini Syahda Maknuna Universitas Wahidiyah Author
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah Author
  • Ninda Ika Murniasih Universitas Wahidiyah Author

Keywords:

Titik koordinat, 4D, PELO (Penelusuran Lokasi)

Abstract

Pemahaman peserta didik dalam materi titik koordinat masih ada kekeliruan dimana beberapa peserta didik belum bisa menentukan koordinat sumbu-X dan sumbu-Y serta masih keliru dalam menentukan tanda positif dan negatif pada bilangan di titik koordinat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PELO pada materi titik koordinat dan untuk mengembangkan media pembelajaran PELO yang memenuhi kriteria yang layak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan 4D yang memiliki empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dari validator media, materi, dan bahasa untuk mencapai kriteria layak. Hasil penelitian ini adalah media PELO (Penelusuran Lokasi)  dengan nilai 85% dengan kriteria sangat layak dilihat dari hasil validasi media, materi, dan bahasa. Penelitian yang dilakukan menghasilkan produk berupa media pembelajaran PELO untuk siswa kelas VIII menggunakan materi titik koordinat untuk kualitas produk dan instrumen sudah masuk kriteria layak dari hasil validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-31

How to Cite

Pengembangan Media Pembelajaran PELO "Penelusuran Lokasi" Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) untuk Materi Titik Koordinat Kelas VIII di SMP Wahidiyah. (2025). AL FARABI: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 7-16. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/339