Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Wahidiyah Kediri
Kata Kunci:
Model Discovery Learning berbasis Canva, Kemampuan komunikasi matematis, Kemampuan berpikir matematisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Canva dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Wahidiyah Kediri. Menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental, penelitian membandingkan dua kelompok: kelompok eksperimen (menerapkan Discovery Learning dengan Canva) dan kelompok kontrol (metode pembelajaran kooperatif). Setiap kelompok mengikuti pretest dan posttest untuk mengukur perubahan kompetensi komunikasi matematis. Tes uraian—yang terdiri dari lima soal—telah divalidasi oleh ahli bahasa dan ahli materi serta menunjukkan reliabilitas yang memadai (nilai Cronbach’s Alpha 0,813 untuk pretest dan 0,547 untuk posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis kelompok eksperimen meningkat dari 64,80 menjadi 65,80, sementara kelompok kontrol naik dari 52,90 menjadi 69,30. Karena data tidak memenuhi asumsi normalitas, analisis statistik dilakukan dengan uji Mann–Whitney, menghasilkan nilai signifikansi 0,132 (> 0,05), yang menunjukkan tidak adanya perbedaan yang bermakna antara kedua kelompok.Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning yang dibantu media Canva tidak memberikan peningkatan signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis siswa. Peneliti merekomendasikan agar guru mempertimbangkan karakteristik siswa dan kesiapan media saat merancang pembelajaran. Selain itu, penelitian di masa mendatang sebaiknya dilakukan dalam waktu yang lebih panjang dengan desain Canva yang dioptimalkan agar mendukung interaksi dan komunikasi peserta didik secara maksimal.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.