Efektivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VII SMP Wahidiyah Kota Kediri tahun pelajaran 2020/2021
Kata Kunci:
Efektivitas Pembelajaran, Kemampuan Berpikir KritisAbstrak
Pendidikan dari tahun ketahun selalu memiliki perkembangan dan perubahan, hal ini bertujuan untuk memperbarui mutu pendidikan agar semakin berkembang. Pada awal tahun 2020 dengan adanya virus covid-19 seluruh proses dalam dunia pendidikan mengalami perubahan mulai dari metode mengajar hingga perangkat pembelajaran mengalami perubahan. Sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa efektif pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran jarak jauh ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan data primer berupa wawancara dan angket serta data sekunder berupa dokumen screenshoot Whatssapp. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Penenlitian ini dilaksanakan di SMP Wahidiyah Kota Kediri. Berdasarkan pembahasan dari teknik Model Miles dan Huberman didapatkan secara rata – rata efektivitas pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh guru matematika SMP Wahidiyah dengan presentase sejumlah 68% kategori kuat. Secara rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Wahidiyah kota Kediri kategori kuat dengan presentase 66%. Terdapat hubungan antara efektivitas pembelajaran yang di lakukan oleh guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga guru yang melaksanakan pembelajaran secara efektif akan berdampak kepada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.