Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web dengan Media Game untuk Meninngkatkan Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Wahidiyah
Kata Kunci:
Pengembangan Media Pembelajaran, Website, Game, Kemampuan NumerikAbstrak
Rendahnya kemampuan numerik peserta didik dalam pelajaran matematika mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan numerik peserta didik adalah kurang tertariknya peserta didik terhadap pelajaran matematika yang dirasa terlalu membosankan dan sulit. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis web dengan media game untuk meningkatkan kemampuan numerik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, dengan penilaian oleh validator ahli media dan ahli materi, juga untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis web dengan media game untuk meningkatkan kemampuan numerik peserta didik SMP Wahidiyah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini dilakukan validasi (ahli media dan ahli materi) dan uji N-Gain. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data penelitian meliputi angket lembar validasi, angket uji coba produk oleh peserta didik, dan tes kemampuan numerik. Berdasarkan hasil analisis data bahwa skor validasi ahli media sebesar 3,48 dengan kategori valid, dan skor validasi ahli materi sebesar 3,67 dengan kategori valid, dan hasil perolehan N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulakan bahwa media pembelajaran matematia berbasis web dengan media game dapat meningkatkan kemampuan numerik peserta didik SMP Wahidiyah.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.