PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS

Penulis

  • Fitri Isvi Sati Rodhiah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Mardji Universitas Wahidiyah Penulis
  • Toipur Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Pendekatan Open - Ended, Kemampuan Berfikir kreatif Matematis

Abstrak

Kemampuan  berfikir  kreatif  matematis  adalah  salah  satu  kemampuan  yang  dibutuhkan  SDM  untuk  melakukan pembangunan  bangsa  Indonesia.  Hal  ini  dapat  diwujudkan  melalui  pendidikan  matematika  dengan  pendekatan open-ended. Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui  pengaruh  pendekatan open-ended terhadap  kemampuan berfikir kreatif matematis pada siswa kelas VII SMP Wahidiyah tahun ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini adalah penelitian experimen dengan bentuk penelitian pre experimen dan dengan desain penelitian one  group  pre  test-post  test.  Penelitian  ini  dilakukan  di  kelas  VII  SMP  Wahidiyah  dengan  mengambil  satu kelas sebagai sampel yang diambil dengan teknik random sampling, yakni kelas VII B SMP Wahidiyah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes open-ended dengan bentuk essay yang dibuat berdasarkan indikator berfikir kreatif matematis, yakni  berfikir fluency,  flexibility dan original. Pre  test dilakukan  untuk  mengetahui  kemampuan  awal  berfikir  kreatif matematis  siswa  sebelum  diberikan  perlakukan  dan post  test dilakuakn  untuk  mengetahui  kemampuan  berfikir  kreatif matematis siswa setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penghitungan uji N-gain dari nilai pre test dan post test, kategori  kemampuan  berfikir  kreatif  matematis  siswa  adalah  sedang  dengan  nilai  sebesar  0.6.  Kemudia  dari  hasil penghitungan uji paired simples t test, kemampuan berfikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 20,50 dengan thitung= -10,41 dan ttabel= -2,026. Sedangkan dari hasil penghitunagn uji regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Wahidiyah bernilai “+” dengan persamaan Ŷ = 66,46 + 0,26X dan pengaruh sebesar 19,25%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS. (2020). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 41-49. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/88