PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS
Kata Kunci:
Pendekatan Open - Ended, Kemampuan Berfikir kreatif MatematisAbstrak
Kemampuan berfikir kreatif matematis adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan SDM untuk melakukan pembangunan bangsa Indonesia. Hal ini dapat diwujudkan melalui pendidikan matematika dengan pendekatan open-ended. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis pada siswa kelas VII SMP Wahidiyah tahun ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini adalah penelitian experimen dengan bentuk penelitian pre experimen dan dengan desain penelitian one group pre test-post test. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Wahidiyah dengan mengambil satu kelas sebagai sampel yang diambil dengan teknik random sampling, yakni kelas VII B SMP Wahidiyah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes open-ended dengan bentuk essay yang dibuat berdasarkan indikator berfikir kreatif matematis, yakni berfikir fluency, flexibility dan original. Pre test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal berfikir kreatif matematis siswa sebelum diberikan perlakukan dan post test dilakuakn untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif matematis siswa setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penghitungan uji N-gain dari nilai pre test dan post test, kategori kemampuan berfikir kreatif matematis siswa adalah sedang dengan nilai sebesar 0.6. Kemudia dari hasil penghitungan uji paired simples t test, kemampuan berfikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan sebesar 20,50 dengan thitung= -10,41 dan ttabel= -2,026. Sedangkan dari hasil penghitunagn uji regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Wahidiyah bernilai “+” dengan persamaan Ŷ = 66,46 + 0,26X dan pengaruh sebesar 19,25%.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.