ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP WAHIDIYAH PADA BANGUN DATAR
Kata Kunci:
Minat Belajar Siswa, Materi Bangun DatarAbstrak
Penguasaan siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi harus didasari atas penguasaan matematika. Seorang guru harus menanamkan minat belajar matematika dengan baik kepada siswa agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Minat dapat mempengaruhi kualitas pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Dengan adanya minat tersedianya rangsangan yang ada sangkut pautnya dengan diri siswa, maka ia akan mendapatkan kepuasan batin dengan hasil belajar yang baik yang telah dicapai. Sebaliknya suatu kegiatan yang tidak dilakukan sesuai dengan minat akan menghasilkan hasil belajar yang kurang memuaskan. Tanpa minat yang kuat, sangat sulit bagi seorang siswa untuk mencapai apa yg siswa inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Wahidiyah. Menurut Sukmadinata (Sudarman, 2016) penelitian deskriptif-kualitatif adalah suatu bentuk penelitan yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun buatan manusia. Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap materi bangun datar maka dapat dianalisis dengan proses bertahap. Instrumen penelitian yang digunakan dalam peneitian ini berupa lembar tes penetapan kategori, lembar tes diagnostic, dan wawancara. Subjek dalam penelitian berjumlah 6 orang yang mana subjek diambil dengan cara pemberian tes awal untuk materi bangun datar pada pelajaran matematika, kemudian skor dari pemberian tes tersebut diurutkan mulai dari peringkat tinggi sampai terendah. Dari urutan nilai tersebut, peneliti kemudian menentukan siswa-siswa yang masuk kategori tinggi, kategori sedang, dan kategori rendah, serta berdasarkan rekomendasi guru. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki minat belajar matematika pada bangun datar yang tinggi ditunjukkan oleh subjek AF dan SS, sedangkan siswa yang memiliki minat belajar matematika pada bangun datar yang sedang ditunjukkan oleh subjek AI dan ZIA, dan siswa yang memiliki minat belajar matematika pada bangun datar ditunjukkan oleh subjek CH dan KN. Subjek AF dan SS menunjukkan memiliki perasaan senang dan menyukai pembelajaran materi bangun datar, sedangkan CH dan KN tidak menyukai dan merasa bosan dalam pembelajaran materi bangun datar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.