PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA WAHIDIYAH KEDIRI
Keywords:
Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar, Kesetimbangan KimiaAbstract
Pembelajaran kimia di SMA Wahidiyah Kediri selama ini masih menggunakan metode konvensional. Penggunaan metode konvensioanal mengakibatkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA Wahidiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Wahidiyah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA I (45 siswa) menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran tipe jigsaw dan XI MIA II (45 siswa) menjadi kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen tes yang di gunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa tes ulangan harian sebanyak 20 soal. Analisis data yang di gunakan untuk menguji hipotesis yaitu t- tes menggunakan program SPSS vesrsi 25. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan nilai rata-rata sebesar 85 sedangkan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata sebesar 74,9. Uji hipotesis menggunakan t-tes dengan dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh nilai 0,000, sehingga Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar yang dapat dilihat dari nilai rata-rata yang lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AVICENNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.