PENGEMBANGAN MODUL PADA PEMBELAJARAN DARING MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA WAHIDIYAH
Abstract
Dengan adanya covid-19 ini, mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring. Karena hal itu, siswa sering kali mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitan-kesulitan siswa tersebut diantaranya siswa kurang memahami materi yang dipelajari karena guru hanya menjelaskan melalui video youtube. Guru kurang menjelaskan lebih mendetail kepada siswa. Oleh karena itu, perlu adanya sumber belajar lain yang dapat membantu siswa agar siswa dapat melanjutkan belajarnya secara mandiri tanpa ketergantungan kepada guru. Penelitian ini untuk menghasilkan modul sebagai bahan pembelajaran pendaping siswa saat pembelajaran daring. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini, untuk mengetahui kualitas dari modul ditinjau dari validasi ahli materi dan media serta respon siswa dalam penggunaan modul ini.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada modul pengembangan R&D ( Reserch and Development) dari Sugiono yang meliputi 5 tahapan pokok yaitu diawali dengan ada potensi dan masalah, pengumpulan data, pengumpulan produk, desain produk dan validasi desain. Sedangkan instrumen yang digunakan yaitu: a) angket penilaian ahli media dan materi, b) angket respon siswa. Sedangkan subjek penelitian ini adalah SMA Wahidiyah Kediri kelas X.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dilihat dari validasi oleh ahli materi dan media yaitu guru SMA Wahidiyah serta salah satu dosen FKIP kimia Universitas Wahidiyah Kediri. Kelayakan modul dilihat dari aspek rata- rata ahli materi dan ahli media dengan jumlah skor (4,39). Sedangkan dilihat dari aspek keterbacaan siswa atau respon siswa, modul dinyatakan praktis dengan skor rata-rata angket respon siswa yaitu (63,67%).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AVICENNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.