PENGEMBANGAN E-KATALOG BERBASIS MOODLE PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA UNTUK SISWA KELAS X SMA WAHIDIYAH
Keywords:
E-katalog, moodle, hakikat ilmu kimiaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pembelajaran daring sehingga guru dituntut untuk mendesain media pembelajaran secara mandiri yaitu dengan menggunakan moodle. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan guru Kimia SMA Wahidiyah bahwa pembelajaran materi hakikat ilmu kimia, khususnya pengenalan alat dan bahan laboratorium kurang maksimal karena belum adanya katalog daftar alat dan bahan kimia, ditambah lagi kelas X hanya menggunakan whatsapps untuk pendukung pembelajaran daring. Hal ini mendukung peneliti untuk perlunya membuat media e-katalog berbasis moddle. Penelitian ini menjawab satu rumusan masalah yaitu bagaimana uji kelayakan pengembangan media e-katalog berbasis moodle menurut ahli materi, media dan guru pada materi hakikat ilmu kimia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas e-katalog bebasis moodle yang dihasilkan ditinjau dari kelayakan dan respon siswa.
Jenis penelitian ini adalah research and development, menggunakan langkah-langkah pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono. Langkah-langkah pengembangan dibatasi menjadi lima tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan perbaikan desain. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) lembar validasi ahli materi, media dan guru dan (2) lembar validasi respon siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Wahidiyah. Kelayakan e-katalog berbasis moodle pada materi hakikat ilmu kimia dilihat dari penilaian ahli materi, media dan guru sebesar 73,20% masuk dalam klasifikasi layak. Dilihat dari aspek kepraktisan, e-katalog dinyatakan praktis dengan skor rata-rata lembar validasi siswa yaitu sebesar 91,33% masuk dalam klasifikasi sangat layak.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AVICENNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.