PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BAGI SISWA KELAS XI SMA WAHIDIYAH KEDIRI

Penulis

  • Nada Nassyaro Universitas Wahidiyah Penulis
  • Firmansyah Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Media Mobile Learning, Hidrolisis Garam, dan Aplikasi Android

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena pada tahun pandemi covid-19 saat ini, siswa banyak yang kesulitan dalam mengikuti pembelajaran online terutama pada materi pelajaran kimia hidolisis garam. Rancangan penelitian ini mengacu pada model 4-D (four D models) yang disarankan oleh Thiagarajan, yaitu; tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap penyebaran (Disseminate) tidak dilakukan. Validasi media mobile learning oleh dosen kimia fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Wahidiyah Kediri , guru kimia di SMA Wahidiyah Kediri, dan diuji coba pada 10 siswa kelas XI di SMA Wahidiyah Kediri. Metode pengumpulan data yaitu metode angket dan metode analisis data dilakukan secara deskriptif kuantiatif dari persentase data validasi dan respon siswa untuk mengetahui kelayakan dari media mobile learning yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penilaian dosen kimia Universitas Wahidiyah Kediri terhadap aspek materi dan aspek media dengan rata-rata penilaian sebesar 67,07% (≥61%) termasuk kreteria kuat atau layak; dan (2) Penilaian guru kimia SMA Wahidiyah Kediri terhadap aspek materi dan aspek media dengan rata-rata penilaian sebesar 81,18% (≥61%)  termasuk kreteria sangat kuat atau layak; dan (3) Penilaian respon siswa SMA Wahidiyah Kediri  terhadap kejelasan media, format media, kualitas media, dan ketertarikan siswa dengan rata-rata penilaian sebesar 89,69% (≥61%) termasuk  kreteria sangat kuat atau layak.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-05-14

Cara Mengutip

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI HIDROLISIS GARAM BAGI SISWA KELAS XI SMA WAHIDIYAH KEDIRI. (2025). AVICENNA, 2(1). https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/avicenna/article/view/365