ANALISIS BREAK EVENT POINT (BEP) UNTUK MERENCANAKAN TARGET LABA PENJUALAN

Penulis

  • Ilham Ramdani Universitas Wahidiyah Penulis
  • Masyhuri Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Break Event Point, Target Penjualan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Break Even Point pada UD Prima Donut. Objek penelitian ini pada perusahaan  Prima  Donut. Metode  yang  digunakan  dalam menganalisis  data  yaitu  menggunakan  metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data penjualan. data perencanaan laba. data biaya variabel dan biaya tetap untuk tahun 2017 dan 2018. UD Prima Donut sudah membuat perencanaan laba atas penjualan produk roti yang dihasilkan.akan tetapi perusahaan belum melakukan Break Event Point secara detail untuk tahun 2018. Berdasarkan perhitungan atas jumlah total penjualan sebanyak 71.205 Unit dengan jumlah Rp 315.500.000 dan memiliki laba tahun pada tahun 2017  dan memiliki jumlah titik impas sebesar Rp 165.084.918.Pada perencanaan laba produksi yang telah ditetapkan  memiliki  nilai break  event  point sebesar  Rp.215.292.687  dan  memiliki  target  penjualan  sebesar Rp.365.252.234 dan memiliki margin of savety rasio atau penurunan penjualan yang dapat ditolerir sebesar 41,80 % yang merupakan Rp 149.959.547.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-20

Cara Mengutip

ANALISIS BREAK EVENT POINT (BEP) UNTUK MERENCANAKAN TARGET LABA PENJUALAN. (2020). FINANCIAL ACCOUNTING, 2(2), 80-92. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/financialaccounting/article/view/16