ANALISIS BREAK EVENT POINT (BEP) UNTUK MERENCANAKAN TARGET LABA PENJUALAN
Kata Kunci:
Break Event Point, Target PenjualanAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Break Even Point pada UD Prima Donut. Objek penelitian ini pada perusahaan Prima Donut. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data penjualan. data perencanaan laba. data biaya variabel dan biaya tetap untuk tahun 2017 dan 2018. UD Prima Donut sudah membuat perencanaan laba atas penjualan produk roti yang dihasilkan.akan tetapi perusahaan belum melakukan Break Event Point secara detail untuk tahun 2018. Berdasarkan perhitungan atas jumlah total penjualan sebanyak 71.205 Unit dengan jumlah Rp 315.500.000 dan memiliki laba tahun pada tahun 2017 dan memiliki jumlah titik impas sebesar Rp 165.084.918.Pada perencanaan laba produksi yang telah ditetapkan memiliki nilai break event point sebesar Rp.215.292.687 dan memiliki target penjualan sebesar Rp.365.252.234 dan memiliki margin of savety rasio atau penurunan penjualan yang dapat ditolerir sebesar 41,80 % yang merupakan Rp 149.959.547.