ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVQUAL, QFD DAN AHP TERHADAP PERSYARATAN TEKNIK DAN PERSYARATAN PELANGGAN (Studi Kasus Online Food PT. Buroq Sakti Terbang,Pondok Pesantren Kedunglo, Kediri, Pripinsi Jawa Timur)

Penulis

  • Sekar Gendhis Nawangsari Universitas Wahidiyah Penulis
  • Muhammad Hakul Yakien D Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Matriks House of Quality, Analitic Herarchy Process, Servqual, Quality Function Deployment, Persyaratan Pelanggan, Persyaratan Teknik, Transportasi Online

Abstrak

Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Servqual, QFD dan AHP Terhadap Persyaratan Teknik dan Persyaratan  Pelanggan Studi  Kasus layanan  online  food PT.  Buroq  Sakti  Terbang  Kediri.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk menganalisis pengaruh persyaratan pelanggan dan persyaratan teknik terhadap kepuasan pelanggan, penelitian ini dilakukan secara  online  /  dering  dan  pada  lokasi  yang  berbeda-beda  untuk  mendapatkan  responden  melalui  penyebaran  kuesioner. Sampel  penelitian  ini  adalah  para  pengguna  layanan  jasa  transportasi  online  Buroq  Sakti  Terbang  yang  berjumblah  70 responden.  Pengumpulan  data  melalui  validitas  konstruk  menggunakan  metode Kolerasi  Product  Moment atau Kolerasi Person, penetuan  reliabilitas  menggunkan  metode Alpha  Cronbach. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  tingkat kepuasan  pelanggan  terhadap  layanan  jasa  transportasi  online  Buroq  Sakti  Terbang,  serta  untuk  mengetahui  keterkaitan persyaratan  pelanggan  dan  persyaratan  teknik  terhadap  kepuasan  pelanggan,  serta  mengetahui  penyusunan  menggunakan House  of  Quality (HoQ).  Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  keterkaitan  persyaratan  pelanggan  terhadap  kepuasan pelanggan diperoleh 30 hubungan dengan nilai 9, 71 hubungan dengan nilai 3, 44 hubungan dengan nilai 1 dan 161 tidak ada hubungan  dan  persyaratan teknik  terhdap  kepuasan  pelanggan  diperoleh  136  hubungan  bernilai  positif  kuat,  22  hubungan bernilai positif modarat / sedang dan 166 tidak ada hubungan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-01-31

Cara Mengutip

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVQUAL, QFD DAN AHP TERHADAP PERSYARATAN TEKNIK DAN PERSYARATAN PELANGGAN (Studi Kasus Online Food PT. Buroq Sakti Terbang,Pondok Pesantren Kedunglo, Kediri, Pripinsi Jawa Timur). (2021). INOVASI, 2(1), 8-16. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/inovasi/article/view/172