MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERHITUNG CEPAT MENGGUNAKAN JARIMAGIC PADA KELOMPOK A SEMESTER 2 TK WAHIDIYAH SELOREJO TAHUN AJARAN 2019/2020
Kata Kunci:
Kognitif, Berhitung Cepat, JarimagicAbstrak
Kemampuan Kognitif Pada Kelompok A TK Wahidiyah Desa Olak Alen Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar belum berkembang dengan baik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan berhitung cepat menggunakan jarimagic serta menambah wawasan dan pengalaman belajar bagi anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subyek penelitian adalah 6 siswa kelompok A. Obyek penelitian ini adalah kemampuan kognitif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif pada anak kelompok A pada tahap pra siklus dengan jumlah 6 anak yang dapat dilihat dari hasil prosentase nilai yaitu Anak yang mampu berhitung cepat ada 1 anak dengan prosentase nilai 16,66% sedangkan anak yang mampu menggerakkan jari tangan ada 2 anak dengan prosentase nilai 33,33%, pada tahap siklus I jumlah yang hadir ada 6 anak dengan hasil prosentase nilai adalah anak yang mampu berhitung cepat ada 3 anak dengan prosentase nilai 50,00% sedangkan anak yang mampu menggerakkan jari tangan ada 4 anak dengan prosentase nilai 66,66% dan pada tahap siklus II jumlah anak yang hadir ada 6 anak dengan hasil prosentase yaitu anak yang mampu berhitung cepat ada 5 anak dengan prosentase nilai 83,33% sedangkan anak yang mampu menggerakkan jari tangan ada 5 anak dengan prosentase nilai 83,33%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif anak pada kelompok A TK Wahidiyah Desa Olak Alen Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar mengalami peningkatan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JURPARIA

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.