UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK MELALUI MEDIA INTERAKTIF WORDWALL PADA KELOMPOK B TK PLUS WAHIDIYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2024/2025
Kata Kunci:
literasi, media interaktif, Wordwall, anak usia dini, pembelajaran menyenangkanAbstrak
Keterampilan literasi, seperti membaca, menyimak, berbicara, serta memahami informasi, memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak usia dini. Berdasarkan hasil pengamatan awal dan wawancara yang dilakukan di TK Plus Wahidiyah Kota Kediri, ditemukan bahwa literasi anak pada kelompok B masih rendah. Rendahnya kemampuan ini disinyalir akibat metode pembelajaran literasi yang digunakan masih monoton dan kurang menarik minat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi anak pada kelompok B TK Plus Wahidiyah Kota Kediri, serta untuk mengetahui penggunaan media interaktif wordwall dalam meningkatkan kemampuan literasi anak pada kelompok B TK Plus Wahidiyah Kota Kediri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 18 anak kelompok B TK Plus Wahidiyah Kota Kediri, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak secara bertahap. Pada tahap prasiklus sebanyak 22,2% anak berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), meningkat menjadi 55,6% pada siklus I dan 88,9% pada siklus II. Keberhasilan ini didukung oleh kolaborasi antara peneliti, guru, dan orang tua, termasuk penggunaan media interaktif Wordwall di rumah. Keterlibatan orang tua memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberhasilan proses pembelajaran anak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURPARIA

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.