ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN SUSU SAPI DI KEDAI SUSU SEGAR KARMILA

Authors

  • Humamil Musyafa’ UNIVERSITAS WAHIDIYAH Author
  • Didik Joko Santoso UNIVERSITAS WAHIDIYAH Author
  • Sony Rachmawan UNIVERSITAS WAHIDIYAH Author

Keywords:

Kepuasan Konsumen, Produk Olahan Susu

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu  menganalisa  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  produk  olahan  susu  sapi terhadap  kepuasan  konsumen  dan  seberapa  tinggi  tingkat  kepuasan  konsumen  terhadap  produk  olahan susu  sapi.  Dalam  penelitian  ini  analisis  yang  digunakan  adalah  analisis  Skala Likert yang  umum digunakan  pada  kuesioner  guna  mengumpulkan  data  responden  dan  metode  pengambilan  responden dilakukan dengan metode random samplingdengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Pada penelitian ini, hasil pengumpulan data diolah dengan menggunakan metode Costumer Satisfaction Index (CSI).Hasil analisis  data  menunjukkan  bahwa,  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  produk  olahan  susu  sapi  terhadap kepuasan  konsumen adalah atribut harga  dan atribut  kekentalan. Kemudian,  hasil dari  metode Costumer Satisfaction   Index (CSI)   didapatkan   hasil   sebesar   88,19%.   Dari   ketentuan   nilai   indeks   kepuasan konsumen,  nilai  CSI  berada  >  80%  atau  nilai  CSI  berada  ≤  100%,  maka  kriteria  nilai Costumer Satisfaction index adalah Sangat  Puas.  Maka  dapat  dikatakan bahwa  secara  keseluruhan  konsumen telah merasa sangat puas terhadap produk olahan susu sapi di Kedai Susu Segar Karmila.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN SUSU SAPI DI KEDAI SUSU SEGAR KARMILA. (2023). AGRISCIENCE, 2(2), 10-15. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/agriscience/article/view/325