STRATEGI PENGEMBANGAN LABU MADU (Cucurbita Moschata)

Authors

  • Nur Ma’rif Risdian UNIVERSITAS WAHIDIYAH Author
  • Didik Joko Santoso UNIVERSITAS WAHIDIYAH Author
  • Bromantyo Ardhi Suwandaru UNIVERSITAS WAHIDIYAH Author

Keywords:

Labu Madu, Strategi Pengembangan

Abstract

Pertanian  merupakan  roda  penggerak  ekonomi  nasional.  Selain  bertujuan untuk memenuhi kebutuhanhidup  masyarakat,  sektor  itu  juga  berguna  untuk mengangkat citra  Indonesia  di  mata  dunia. Pada  tahun 2013 labu madu mulai dikenal di Indonesia.Pengembangan komoditas hortikultura jenis buah-buahan merupkan salah satu sumber pertumbuhan baru dalam perekonomian nasional. Pengembangan labu madu di Vita Farm dimulai sejak tahun 2016 dilakukan perintisan  mulai  dari  nol. Labu  madu  berasal  dari  Waltham,  Amerika  Serikat  dan merupakan  golongan tanaman semusim dari keluarga Cucurbitaceae yang termasuk tanaman merambat dan menjalar.Hasil  analisis  SWOT  menyatakan  bahwa  strategi  SO  memperoleh  nilai  tertinggi  yaitu  2,50  dengan mengidentifikasi berbagai faktor  secara sistematis. Strategi SO ialah strategi yang menggunakan kekuatan unruk  memanfaatkan  peluang  yang  ada.  Dengan  menggunakan  alternatif  strategi  antara  lain:  optimalisasi dan produktivitas lahan, peningkatan kualitas tenaga  kerja, usaha  tani labu madu  yang berwawasan pasardan  kompetitif,  optimalisasi  sumber  daya  air  dan  irigasi,  peningkatan  kualitas  produk,  pemanfaatan teknologi  pertanian,  pemanfaatan  deregulasi,  pemanfaatan  industri  pengolahan  hasil  pertanian,  penataan dan perluasan jaringan pasar, optimalisasi dan peningkatan kualitas produk.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-31

Issue

Section

Articles

How to Cite