STRATEGI PENGEMBANGAN LABU MADU (Cucurbita Moschata)
Keywords:
Labu Madu, Strategi PengembanganAbstract
Pertanian merupakan roda penggerak ekonomi nasional. Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhanhidup masyarakat, sektor itu juga berguna untuk mengangkat citra Indonesia di mata dunia. Pada tahun 2013 labu madu mulai dikenal di Indonesia.Pengembangan komoditas hortikultura jenis buah-buahan merupkan salah satu sumber pertumbuhan baru dalam perekonomian nasional. Pengembangan labu madu di Vita Farm dimulai sejak tahun 2016 dilakukan perintisan mulai dari nol. Labu madu berasal dari Waltham, Amerika Serikat dan merupakan golongan tanaman semusim dari keluarga Cucurbitaceae yang termasuk tanaman merambat dan menjalar.Hasil analisis SWOT menyatakan bahwa strategi SO memperoleh nilai tertinggi yaitu 2,50 dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis. Strategi SO ialah strategi yang menggunakan kekuatan unruk memanfaatkan peluang yang ada. Dengan menggunakan alternatif strategi antara lain: optimalisasi dan produktivitas lahan, peningkatan kualitas tenaga kerja, usaha tani labu madu yang berwawasan pasardan kompetitif, optimalisasi sumber daya air dan irigasi, peningkatan kualitas produk, pemanfaatan teknologi pertanian, pemanfaatan deregulasi, pemanfaatan industri pengolahan hasil pertanian, penataan dan perluasan jaringan pasar, optimalisasi dan peningkatan kualitas produk.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AGRISCIENCE
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.