STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PEMASARAN PRODUK HORTIKULTURA MELON DEVINA (Cucumis Melo L.)
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran, Daya Saing, Produk Hortikultura, Melon Devina, Analisis SWOTAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dalam meningkatkan daya saing pemasaran melon devina di PT. Hortila Hydroponic Group Lawang, Kabupaten Malang, serta untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses tersebut. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena ini. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkap strategi dan kendala yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran meliputi konsep semi edukasi wisata petik melon, penekanan pada kualitas produk, harga terjangkau, paket pelatihan pertanian, konsep Hortila mart, dan pemasaran melalui media sosial. Kendala yang dihadapi termasuk persaingan pasar, keterbatasan tempat produksi, kurangnya variasi produk, dan kemasan yang belum menarik. Berdasarkan analisis SWOT, perusahaan memiliki posisi internal yang kuat dan mampu merespons peluang eksternal dengan baik. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya memperkuat strategi yang ada dan mengatasi kendala untuk meningkatkan daya saing pemasaran melon devina.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AGRISCIENCE

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.