Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Garis dan Sudut
Keywords:
Flash Card, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan pada proses pembelajaran yang masih berpusat
pada guru. Apalagi materi matematika yang seebagian beesar peeseerta didik meenganggap materi yang sulit
dan kurang meenarik untuk dipeelajari, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
media Flashe Card pada minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Wahidiyah. Sampel
penelitian ini adalas kelas VII C SMP Wahidiyah dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan
cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan Teknik Pree Eksperimen dengan desain
penelitian yang digunakan yaitu jenis one grup pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan pengujian
uji t dengan menggunakan Paired sample test-t didapat thitung (29.236) > ttabel (2,010) dan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa ada peengaruh meedia Flash Card teerhadap minat beelajar peeseerta didik SMP
Wahidiyah Keediri. Begitu juga dengan hasil pengujian uji t dengan menggunakan Paired sample test-t
didapat thitung (24.548) > ttabel (2,010) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan
H2 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peengaruh meedia Flash Card teerhadap hasil
beelajar peeseerta didik SMP Wahidiyah Kediri.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AL FARABI: Journal of Mathematics and Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.