Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Garis dan Sudut

Authors

  • Charisma Ulil Latifa universitas wahidiyah Author
  • Desi Gita Andriani Universitas Wahidiyah Author
  • Rudhita Kislamiyanti Nur Karimah Universitas Wahidiyah Author

Keywords:

Flash Card, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan pada proses pembelajaran yang masih berpusat 
pada guru. Apalagi materi matematika yang seebagian beesar peeseerta didik meenganggap materi yang sulit 
dan kurang meenarik untuk dipeelajari, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh 
media Flashe Card pada minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode 
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Wahidiyah. Sampel 
penelitian ini adalas kelas VII C SMP Wahidiyah dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan 
cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan Teknik Pree Eksperimen dengan desain 
penelitian yang digunakan yaitu jenis one grup pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan pengujian 
uji t dengan menggunakan Paired sample test-t didapat thitung (29.236) > ttabel (2,010) dan nilai 
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.  Dengan demikian dapat 
disimpulkan bahwa ada peengaruh meedia Flash Card teerhadap minat beelajar peeseerta didik SMP 
Wahidiyah Keediri. Begitu juga dengan hasil pengujian uji t dengan menggunakan Paired sample test-t 
didapat thitung (24.548) > ttabel (2,010) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan 
H2 diterima.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peengaruh meedia Flash Card teerhadap hasil 
beelajar peeseerta didik SMP Wahidiyah Kediri.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-01-31

How to Cite

Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Garis dan Sudut. (2025). AL FARABI: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 1-6. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/190