PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GARIS DAN SUDUT
Kata Kunci:
Flash Card, Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar, SMP WahidiyahAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan pada proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Apalagi materi matematika yang seebagian beesar peeseerta didik meenganggap materi yang sulit dan kurang meenarik untuk dipeelajari, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media Flashe Card pada minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Wahidiyah. Sampel penelitian ini adalas kelas VII C SMP Wahidiyah dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan Teknik Pree Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu jenis one grup pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan pengujian uji t dengan menggunakan Paired sample test-t didapat thitung (29.236) > ttabel (2,010) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peengaruh meedia Flash Card teerhadap minat beelajar peeseerta didik SMP Wahidiyah Keediri. Begitu juga dengan hasil pengujian uji t dengan menggunakan Paired sample test-t didapat thitung (24.548) > ttabel (2,010) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H2 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peengaruh meedia Flash Card teerhadap hasil beelajar peeseerta didik SMP Wahidiyah Keediri.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.