Eksperimentasi model pembelajaran teams games tournament (tgt) terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kecemasan belajar matematika Siswa SMP Wahidiyah Kota Kediri

Penulis

  • Diyah Nur Fatimah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Prestasi Belajar, Teams Games Tournament, Kecemasan Belajar

Abstrak

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran abstrak sehingga menyebabkan siswa enggan untuk mempelajari matematika. Hal ini diperparah dengan model pembelajaran konvensional yang menjadikan siswa hanya datang, duduk, diam, catat dan pulang. Model pembelajaran kooperatif yang menjadikan siswa aktif, serta adanya permaianan adalah model pembelajaran TGT. TGT menjadikan siswa lebih senang dalam belajar sehingga prestasi belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar manakah yang lebih baik diantara model pembelajaran TGT dan konvensional tipe, serta mengetahui prestasi belajar yang baik dengan tingkat kecemasan rendah, sedang atau tinggi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain factorial 3 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalur dengan menggunakan aplikasi SPSS tipe 22. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang diberikan model pembelajaran konvesional ditinjau dari kecemasan belajar dan Prestasi belajar matematika dengan kecemasan rendah lebih baik daripada sedang dan tinggi, atau kecemasan sedang lebih baik daripada tinggi.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Eksperimentasi model pembelajaran teams games tournament (tgt) terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kecemasan belajar matematika Siswa SMP Wahidiyah Kota Kediri. (2022). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 24-36. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/102