PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI JARAK DIMENSI TIGA
Kata Kunci:
Hasil Belajar Matematika Siswa, Problem Based Learning (PBL)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika sebelum diberi
perlakuan Problem based Learning (PBL). (2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika sesudah diberi perlakuan
Problem based Learning (PBL). (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Wahidiyah Dimensi Tiga tahun ajaran 2016-2017. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian “One-Group Pre-test-Post-
test Design”. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Wahidiyah Kediri. Adapun tehnik pengumpulan sampel
ditentukan oleh guru mata pelajaran dan kesepakatan peneliti diambil kelas X-4 SMA Wahidiyah Kediri sebanyak 38
siswa. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika siswa dalam bentuk tes uraian meliputi nilai pre-test dan
Post-test. Data dianalisis menggunakan uji-t, sebelumnya diuji prasyarat menggunakan uji Lilliefors. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan nilai pre-test dan post-test menggunakan uji t
diketahui H0 ditolak karena -thitung < -ttabel, -6,489 < -2,026 artinya diperoleh nilai rerata pre-test lebih tinggi dari post-
test.