Perbandingan hasil belajar matematika siswa antara pendekatan matematika realistik Indonesia dengan pembelajaran konvensional pada materi lingkaran Di kelas VIII SMP Wahidiyah Kota Kediri
Kata Kunci:
Pedekatan PMRI, Pembelajaran Konvensional, Hasil BelajarAbstrak
Metode pembelajaran yang monoton dan kurang variatif dimana pembelajaran berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa dalam belajar mengajar sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep atau materi yang diberikan. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa, perlu menggunakan suatu pembelajaran yang tepat, sehingga dapat memberi kesempatan bagi siswa untuk bertukar pendapat, bekerjasama dengan teman, berinteraksi dengan guru menggunakan maupun mengingat kembali pelajari yang telah dipelajari utamanya dapat melekat dalam pemikiran mereka seperti pembelajaran dengan lingkungan yang nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara pembelajaran menggunakan PMRI dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah tru eksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil belajar Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunakan PMRI dengan pembelajaran konvensional, dimana PMRI lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.