Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun datar dengan model inkuiri
Kata Kunci:
Modul Pembelajaran Matematika, Berbasis Etnomatematika, Bangun Datar, InkuiriAbstrak
Materi bangun datar yang sudah lekat dalam kehidupan sehari-hari masih menjadi salah satu materi yang kurang dipahami siswa, sehingga perlu adanya inovasi dan kreatifitas dalam menyampaikan materi bangun datar ini. Karena tugas seorang guru tidak hanya menjadikan siswanya pintar, melainkan juga mendidik siswa yang berkarakter dan berbudaya, sehingga etnomatematika dipilih sebagai solusi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas modul pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, kegrafikan, kesesuaian model inkuiri dan kesesuaian karakteristik etnomatematika. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan desain model ADDIE terbatas. Hasil penelitian menyatakan bahwa modul memenuhi aspek kelayakan isi 83,80% dengan kriteria “sangat layak”, aspek kelayakan bahasa 69,23% dengan kriteria “layak’, aspek kelayakan penyajian 80,00% dengan kriteria “layak”, aspek kelayakan kegrafikan 73,12% dengan kriteria “layak”, aspek kesesuaian model inkuiri 80,00% dengan krtieria”layak” dan aspek kesesuaian karakteristik etnomatematika 80,00% dengan krtieria “layak” dengan rata-rata presentase kelayakan keseluruhan sebesar 77,69% yang artinya memenuhi kriteria “layak” dan siap digunakan pada tahap pengembangan selanjutnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.