Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun datar dengan model inkuiri

Penulis

  • Ila Umami Moleka Universitas Wahidiyah Penulis
  • Eka Sri Indrayany Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Modul Pembelajaran Matematika, Berbasis Etnomatematika, Bangun Datar, Inkuiri

Abstrak

Materi bangun datar yang sudah lekat dalam kehidupan sehari-hari masih menjadi salah satu materi yang kurang dipahami siswa, sehingga perlu adanya inovasi dan kreatifitas dalam menyampaikan materi  bangun  datar  ini.  Karena  tugas  seorang  guru  tidak  hanya  menjadikan  siswanya  pintar, melainkan juga mendidik siswa yang berkarakter dan berbudaya, sehingga etnomatematika dipilih sebagai  solusi  yang  tepat.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  mengetahui  kualitas  modul  pembelajaran yang  dikembangkan  ditinjau  dari  aspek  kelayakan  isi,  bahasa,  penyajian,  kegrafikan,  kesesuaian model  inkuiri  dan  kesesuaian  karakteristik  etnomatematika.  Jenis  penelitian  yaitu  penelitian pengembangan  R&D  (Research  and  Development)  dengan  desain  model  ADDIE  terbatas.  Hasil penelitian  menyatakan  bahwa  modul  memenuhi  aspek  kelayakan  isi  83,80%  dengan  kriteria “sangat layak”, aspek kelayakan bahasa 69,23% dengan kriteria “layak’, aspek kelayakan penyajian 80,00% dengan kriteria “layak”, aspek kelayakan kegrafikan 73,12% dengan kriteria “layak”, aspek kesesuaian  model  inkuiri  80,00%  dengan  krtieria”layak”  dan  aspek  kesesuaian  karakteristik etnomatematika 80,00% dengan krtieria “layak” dengan rata-rata presentase kelayakan keseluruhan sebesar  77,69%  yang  artinya  memenuhi  kriteria  “layak”  dan  siap  digunakan  pada  tahap pengembangan selanjutnya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun datar dengan model inkuiri. (2022). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/103