Hubungan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar matematika SMP Wahidiyah Kediri
Kata Kunci:
Kedisiplinan, Prestasi BelajarAbstrak
Kedisiplinan sisiwa merupakan suatu kepatuhan yang mencerminkan tanggung jawab siswa untuk belajar, dan mentaati tata tertib sekolah. displin dalam belajar maupun dalam melaksanakan tata tertib sekolah dapat menghindarkan diri dari rasa malas yang kemudian menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar dan akhirnya meningkatkan daya kemampuan belajar siswa untuk mencapai prestasi belajar matematika yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika. Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Wahidiyah Kediri. Sedangkan sampel penelitian ini terwakili oleh kelas VIII A yang terdiri dari 44 siswa. Hasil penelitian terdapat hubungan antara kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar matematika kelas VIII A SMP Wahidiyah Kediri. Hal ini ditunjukan oleh nilai rhitung yaitu sebesar 0,935 > dari nilai rtabel yaitu sebesar 0,291. Hal ini berarti ada hubungan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII A SMP Wahidiyah Kediri.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.