Hubungan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar matematika SMP Wahidiyah Kediri

Penulis

  • Imam Mashudi Universitas Wahidiyah Penulis
  • Syifa'ul Amanah Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kedisiplinan, Prestasi Belajar

Abstrak

Kedisiplinan  sisiwa  merupakan  suatu  kepatuhan  yang  mencerminkan  tanggung  jawab siswa untuk belajar, dan mentaati tata tertib sekolah. displin dalam belajar maupun dalam melaksanakan   tata   tertib   sekolah   dapat   menghindarkan   diri   dari   rasa   malas   yang kemudian menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar dan akhirnya meningkatkan daya kemampuan belajar siswa untuk mencapai prestasi belajar matematika yang memuaskan. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui mengetahui  pengaruh  kedisiplinan  terhadap prestasi  belajar  matematika. Penelitan  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas  VIII  SMP  Wahidiyah Kediri. Sedangkan  sampel  penelitian  ini  terwakili  oleh  kelas VIII  A yang  terdiri  dari  44  siswa. Hasil  penelitian  terdapat hubungan antara  kedisiplinan siswa dengan prestasi  belajar  matematika  kelas  VIII  A  SMP  Wahidiyah  Kediri.  Hal  ini ditunjukan  oleh  nilai  rhitung yaitu  sebesar  0,935  >  dari  nilai  rtabel yaitu  sebesar  0,291.  Hal ini berarti ada hubungan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VIII A SMP Wahidiyah Kediri.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-01-31

Cara Mengutip

Hubungan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar matematika SMP Wahidiyah Kediri. (2022). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 47-55. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/104