Analisis kemampuan disposisi matematis terhadap berpikir kreatif pada pembelajaran matematika
Kata Kunci:
Metode Kualitatif, Disposisi Matematis Berpikir Kreatif, Grounded Theory, PostpositivistAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis kemampuan disposisi matematis dalam berpikir kreatif pada pembelajaran matematika peserta didik kelas VII SMP. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif grounded theory. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik non-tes yang terdiri dari kuesioner/angket, observasi dan wawancara. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam paradigma penelitian Postpositivis. Berdasarkan analisis data, temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil data angket, terdapat 26 orang siswa (81,25 %), memiliki disposisi berpikir kreatif yang positif. Artinya proses belajar-mengajar pada umumnya sudah baik. Namun, ada sebanyak 6 orang siswa (18,75%) memiliki disposisi berpikir kreatif yang negatif.. Kita dapat menyimpulkan bahwa secara umum siswa memiliki sikap positif terhadap disposisi berpikir kreatif, (2) adanya fasilitas yang lengkap dan suasana lingkungan yang bersih, rapi dan asri dapat memberikan dampak positif terhadap minat siswa dalam belajar khususnya disposisi matematis dalam berpikir kreatif siswa. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan supaya guru lebih memperhatikan kemampuan disposisi matematis dan menjalin kerjasama yang baik dengan wali siswa untuk mengontrol kondisis pendidikan anak, baik dari sisi afektif, kognitif maupun psikomotorik, terutama yang berkaitan dengan kemampuan disposisi matematis berpikir kreatif siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.