Pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar dalam materi baris dan deret geometri siswa SMA Wahidiyah Kediri
Kata Kunci:
Flipped Classrom, Hasil Belajar, Baris dan Deret GeometriAbstrak
Matematika dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif dalam belajar. Flipped Classroom dapat mengembangkan kemampuannya dalam menggunakan teknologi sambil belajar karena materi disajukan dalam bentuk video,sehingga bisa digunakan berulang-ulang. Berdasarkan PAMER UN, SMA Wahidiyah memiliki presentase terlemah pada indikator ke-17, yakni pada materi baris dan deret geometri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar dalam materi baris dan derat geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pra eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI Wahidiyah Kediri tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 200 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling diperoleh kelas XI IIS 2 sebanyak 39 siswa sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan paired samples test. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar dalam materi baris dan deret geometri kelas XI SMA Wahidiyah Kota Kediri.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.