Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Berbasis Pondok Pesantren Pada Materi Aritmatika Sosial
Kata Kunci:
Media Pembelajaran Monopoli, Monopoli Aritmatika, Permainan Monopoli Aritmatika, Pondok PesantrenAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang belum memanfaatkan media di dalam kelas. Media yang digunakan menggunakan basis pondok pesantren karena subjek dalam penelitian berada dalam lingkup pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli aritmatika berbasis pondok pesantren serta mengetahui kelayakan media tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sebelum diterapkan, produk media beserta instrumen dalam penelitian ini telah di validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan hasil rata-rata penilaian sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya validasi media oleh ahli materi menunjukkan hasil rata-rata penilaian sebesar 3,6 dengan kategori valid dan hasil validasi media oleh ahli bahasa menunjukkan hasil rata-rata penilaian sebesar 4,4 dengan kategori sangat valid. Dari hasil perhitungan angket didapat hasil rata-rata presentase sebesar 92% berkategori layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli aritmatika berbasis pondok pesantren layak untuk diterapkan pada pembelajaran.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.