Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Berbasis Pondok Pesantren Pada Materi Aritmatika Sosial

Penulis

  • Melati Zahrotul Umami Universitas Wahidiyah Penulis
  • Desi Gita Andriani Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Monopoli, Monopoli Aritmatika, Permainan Monopoli Aritmatika, Pondok Pesantren

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang belum memanfaatkan media di dalam kelas. Media yang digunakan menggunakan basis pondok pesantren karena subjek dalam penelitian berada dalam lingkup pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli aritmatika berbasis pondok pesantren serta mengetahui kelayakan media tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Sebelum diterapkan, produk media beserta instrumen dalam penelitian ini telah di validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan hasil rata-rata penilaian sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya validasi media oleh ahli materi menunjukkan hasil rata-rata penilaian sebesar 3,6 dengan kategori valid dan hasil validasi media oleh ahli bahasa menunjukkan hasil rata-rata penilaian sebesar 4,4 dengan kategori sangat valid. Dari hasil perhitungan angket didapat hasil rata-rata presentase sebesar 92% berkategori layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli aritmatika berbasis pondok pesantren layak untuk diterapkan pada pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Berbasis Pondok Pesantren Pada Materi Aritmatika Sosial. (2023). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1-11. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/110