Implementasi Media Kartu Remi Matematika (KARIMA) pada Materi Bangun Datar Kelas 4 MI Al-Hidayah Tegalan
Kata Kunci:
Implementasi, Kartu Remi Matematika, Bangun DatarAbstrak
Matematika adalah salah satu mata pelajaran penting dalam bidang pendidikan, sehingga diajarkan mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Tujuan dari pembelajaran tersebut adalah untuk membekali anak agar mampu berfikir kritis, sistematis, dan analitis dalam permasalahan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini salah satu cara melatih keterampilan siswa dalam mendalami Matematika salah satunya pada materi bangun datar adalah melalui pengaplikasian Kartu Remi Matematika (KARIMA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, hasil belajar, dan respon siswa kelas 4 MI Al-Hidayah Tegalan dalam menggunakan Kartu Remi Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan analisis. Penerapan penelitian ini menganut salah satu teori belajar behavioristic, yang mana penerapan permainkan Kartu Remi Matematika dilaksanakan secara berulang. Hasil persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama, pertemuan kedua dan pertemuan ketiga adalah 70,5 %, 88,5 % dan 94,25 %. Hasil belajar siswa ditentukam melalui pemberian tes soal yang berjumlah 10 pilihan ganda dan 2 soal uraian. Didapatkan hasil belajar 20 siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan 2 siswa di bawah KKM. Hasil belajar rata-rata siswa kelas 4 MIAl-Hidayah setelah menggunkan Kartu Remi Matematika adalah sebesar sebesar 91 %. Besar persentase tersebut dapat dikatakan tuntas karena sudah melebihi batas ketuntasan klasikal yaitu sebesar ≥ 85%. Dan untuk ngetahui hasil respon siswa setelah menggunakan Kartu Remi Matematika adalah dengan membagikan instrument kuisioner minat siswa terhadap permainan Kartu Remi Matematika. Respon siswa terhadap penerapan Kartu Remi Matematika ini sangat baik dan antusias didapatkan point rata-rata sebesar 28,9 atau dalam persentase yaitu sebesar 96,5 %. Diperoleh hasil persentase tersebut masuk dalam kategori sangat baik
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.