Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Kecerdasan Majemuk Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Wahidiyah Kediri
Kata Kunci:
Metode Mengajar Guru, Kecerdasan Majemuk, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Penelitian z ini z bertujuan z untuk z menguji z pengaruh metode mengajar z guru z dan z kecerdasan majemuk siswa z terhadap z hasil belajar matematika z siswa SMP Wahidiyah Kediri. z z Jenis z penelitian z yang z z digunakan z adalah pendekatan z kuantitatif z ex-post facto. z Populasi z dalam z penelitian ini z adalah seluruh z siswa z SMP Wahidiyah Kediri sebanyak 447 siswa z dengan sampel 112 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel proportional. z Teknik z analisis z data z penelitian z ini z menggunakan z analisis z regresi linear berganda berbantuan aplikasi z SPSS z v.25 z for z windows. Berdasarkan z hasil z penelitian z menunjukkan z bahwa (1) ada pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar matematika dengan z nilai z sig. z 0,029 z < z 0,05. z (2) z ada pengaruh kecerdasan majemuk siswa z terhadap z hasil z belajar z matematika z dengan z nilai z sig. z 0,046 z < z 0,05. z (3) ada pengaruh metode mengajar guru dan z kecerdasan majemuk siswa z terhadap z hasil z belajar z matematika z dengan z nilai sig. z 0,002 z < z 0,05. z Disarankan z bagi z guru z untuk z dapat z menerapkan z metode mengajar z yang z tepat z dan lebih memahami kecerdasan majemuk siswa agar dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.