Analisis Kesulitan Dalam Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Wahidiyah Kota Kediri

Penulis

  • Mochammad Sofyan Sauri Universitas Wahidiyah Penulis
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar, Gaya Belajar, Matematika

Abstrak

Kesulitan dalam belajar tentunya dialami setiap peserta didik dalam memelajari hal yang baru, salah satunya dalam mata pelajaran matematika. Kesulitan dalam belajar terdapat banyak faktor yang memengaruhinya termasuk juga faktor gaya belajar peserta didik, dimana setiap peserta didik tentunya memiliki tipe gaya belajar yang beragam, seperti gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil ujian semester ganjil kelas XI SMA Wahidiyah terdapat 41 peserta didik yang mengikuti ujian dan hanya 9 peserta didik yang nilainya memenuhi standar minimum yang ditentukan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik dengan rincian 2 peserta didik setiap gaya belajar. Berdasarkan analisis data peserta didik akan merasa kesulitan ketika tidak disajikan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajarnya.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Analisis Kesulitan Dalam Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Wahidiyah Kota Kediri. (2023). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 37-44. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/113