Analisis Kesulitan Dalam Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Wahidiyah Kota Kediri
Kata Kunci:
Kesulitan Belajar, Gaya Belajar, MatematikaAbstrak
Kesulitan dalam belajar tentunya dialami setiap peserta didik dalam memelajari hal yang baru, salah satunya dalam mata pelajaran matematika. Kesulitan dalam belajar terdapat banyak faktor yang memengaruhinya termasuk juga faktor gaya belajar peserta didik, dimana setiap peserta didik tentunya memiliki tipe gaya belajar yang beragam, seperti gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil ujian semester ganjil kelas XI SMA Wahidiyah terdapat 41 peserta didik yang mengikuti ujian dan hanya 9 peserta didik yang nilainya memenuhi standar minimum yang ditentukan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik dengan rincian 2 peserta didik setiap gaya belajar. Berdasarkan analisis data peserta didik akan merasa kesulitan ketika tidak disajikan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajarnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.