Peran Kecerdasan Emosional dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Dasar Pada Mahasiswa Teknik Elektro
Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, MatematikaAbstrak
Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan kemampuan bekerja sama. Dengan kecerdasan emosional tinggi mahasiswa mampu untuk bangkit kembali dengan cepat dari kemerosotan atau kegagalan dalam meraih prestasi, mahasiswa memiliki keterampilan berinteraksi dengan orang lain, mahasiswa mampu mengatur emosi untuk mencapai tujuan dan mahasiswa cakap dalam memimpin diskusi. Kemampuan-kemampuan tersebutlah yang mampu mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa khususnya pada matakuliah matematika dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar matematika dasar mahasiswa teknik elektro Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh mahasiswa teknik elektro dan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling maka diperoleh sampel sebanyak 52 mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis variasi satu jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini meunjukkanbahwa kecerdasan emosional berpengaruh sigifikan terhadap hasil belajar matematika dasar mahasiswa teknik elektro. Dimana hasil belajar matematika dasar mahasiswa tekik elektro yang memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika dasar mahasiswa tekik elektro yang memiliki tingkat kecerdasan emosional sedang dan rendah, serta hasil belajar matematika dasar mahasiswa tekik elektro yang memiliki tingkat kecerdasan emosional sedang lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika hamasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan emosional rendah.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.