Eksperimentasi Model Pemebelajaran Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Eksponen Kelas X SMK Al Huda Kota Kediri
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, EksponenAbstrak
Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran bersifat abstrak, sehingga memerlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan matematika agar siswa lebih mudah memahami konsep. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran inovatif berpusat pada siswa dan guru sebagai motivator dan fasilitator, serta siswa diberikan kesempatan mengolah pembelajaran di kelas dengan melibatkankerja proyek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pada materi eksponen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling diperoleh sampel kelas X TKR 1 dan kelas X TKR 3 sebanyak 58 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig 0,035 < 0,05 ini berarti ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pada materi eksponen siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.