Eksperimentasi Model Pemebelajaran Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Eksponen Kelas X SMK Al Huda Kota Kediri

Penulis

  • Muhamad Safa’udin Institut Agama Islam Tribakti Kediri Penulis

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, Eksponen

Abstrak

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran bersifat abstrak, sehingga memerlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan matematika agar siswa lebih mudah memahami konsep. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Kurikulum Merdeka merupakan pembelajaran inovatif berpusat pada siswa dan guru sebagai motivator dan fasilitator, serta siswa diberikan kesempatan mengolah pembelajaran di kelas dengan melibatkankerja proyek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbasis kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pada materi eksponen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri, dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling diperoleh sampel kelas X TKR 1 dan kelas X TKR 3 sebanyak 58 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig 0,035 < 0,05 ini berarti ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kurikulum merdeka terhadap hasil belajar pada materi eksponen siswa Kelas X SMK Al Huda Kediri.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Eksperimentasi Model Pemebelajaran Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Eksponen Kelas X SMK Al Huda Kota Kediri. (2023). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 54-61. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/115