Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Peserta Didik di SMP Wahidiyah Jember
Kata Kunci:
Kecemasan Matematika, Pemahaman Konsep, MatematikaAbstrak
Rendahnya kualitas terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematika membuat hasil belajar peserta didik disekolah masih kurang memuaskan. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah adanya kecemasan terhadap pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena pelajaran matematika yang dirasa sulit untuk dipahami dan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecemasan matematika dan kemampuan pemahaman konsep matematika yang dimiliki peserta didik, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik di SMP Wahidiyah Jember. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel populasi sebanyak 32 responden. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket dan tes serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematika peserta didik berada pada kategori tinggi (43,8%) dan kemampuan pemahaman konsep matematika berada pada kategori sedang (47%) serta kecemasan matematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik di SMP Wahidiyah Jember.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.