Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Peserta Didik Yang Diberi Tugas Kelompok dan Peserta Didik Yang Diberi Tugas Individu Di Kelas VII SMP Wahidiyah Jember Pada Materi Perbandingan
Kata Kunci:
Tugas Kelompok, Tugas Individu, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik dipengaruhi oleh kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik serta pemberian tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik yang diberi tugas secara kelompok maupun tugas secara individu serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diberi tugas secara kelompok dan peserta didik yang diberi tugas secara individu. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel diambil dari seluruh populasi kelas VII SMP Wahidiyah Jember yaitu 12 siswa. Pengumpulan data secara observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan peserta didik kelas VII SMP Gumukmas memiliki nilai rata-rata kemampuan awal 41,83 dan nilai rata-rata post-test 83,33. Sedangkan kelas VII SMP Ambulu memiliki nilai rata-rata kemampuan awal 41,67 dan nilai rata-rata post-test 74,17. Hasil analisis uji t diperoleh thitung (1,254) dan nilai sig. 0,239 > 0,05 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diberi tugas kelompok dan peserta didik yang diberi tugas individu di kelas VII SMP Wahidiyah Jember pada materi perbandingan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.