Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Wahidiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Penulis

  • Nurhidayah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Eka Sri Indrayany Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Perbandingan

Abstrak

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 dalam belajar matematika pada materi perbandingan kelas VII SMP Wahidiyah Ambulu Jember. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualiatif. Adapun subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VII tahun ajaran 2022/2023. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ada empat tahapan yaitu collection, reduction, display dan conclusion drawing and verification. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 dalam belajar matematika pada materi perbandingan siswa kelas VII SMP Wahidiyah Ambulu Jember berjalan dengan baik dan dari aktifitas guru selama pembelajaran sudah baik. Selain itu penerapan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 dalam belajar matematika dapat meningkatkan interaktif siswa mulai dari keaktifan bertanya, keaktifan menjawab dan aktif melakukan perintah guru selama pembelajaran berlangsung.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-07-31

Cara Mengutip

Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Wahidiyah Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. (2023). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 105-115. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/120