Pengaruh Pembiasaan Baris-Berbaris Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Siswa Sekolah Menengan Pertama

Penulis

  • Muhammad Nur Ikhsan Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kedisiplinan Siswa, Baris - Berbaris

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk menerapkan pembiasaan baris-berbaris yang berdampak pada kedisiplinan siswa  dalam  mengikuti  pembelajaran  di  kelas maupun  di  luar  kelas.  Kedisiplinan  siswa  merupakan  hal penting  dalam  suksesnya  pelaksanaan  pembelajaran  di  dalam  ataupun  di  luar  kelas.  Penulis  menjumpai permasalahan  kedisiplinan  pada  siswa  SMP  Wahidiyah  kota  Kediri  kelas  VII  C  yang  lebih  rumit  dari pada kelas  VII  lainnya.  Disamping  itu  pula  kelas  VII  C  SMP  Wahidiyah  sering  dilakukan  di  aula  yang tidak  tersedia  tempat  duduk,  pembatas  kelas  dan  papan  tulis,  dengan  alasan  perbaikan  yang  sedang dilakukan pada kelas asalnya. Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SMP Wahidiyah  Kota  Kediri  pada  kelas  VII  C  dengan  jumlah  48  siswa. Penelitian  ini  dilaksanakan  selama  7  minggu  dengan  14  tatap  muka,  dengan  durasi  setiap  tatap  muka adalah  2x40  menit.  Instrumen  penelitian  berupa  kuesioner  kedisiplinan  terhadap  kegiatan  pembelajaran dalam kelas yang meliputi aspek Kedisiplinan diri sendiri, yakni postur tubuh siswa, kedisiplinan seragam siswa, sikap sosial siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran pada siswa. Penelitian ini dibagi menjadi 3  tahapan,  pra-treatment,  treatment  dan  pasca-treatment.  Instrumen  baris  berbaris  yang  dimaksud  adalah persiapan barisan, meluruskan barisan, penertiban perilaku selama proses pembelajaran. Dari  hasil  penelitian  ini  didapatkan  bahwa  terdapat  32  siswa  dari  48  siswa  yang  kurang  sesuai  dengan aspek  kedisiplinan diatas. Pada tahap treatment terdapat 8 siswa dengan  tingkat  kedisiplinan  kurang dari aspek  yang  diteliti.  Dan  ketika  pasca-treatment  terdapat  7  siswa  yang  masih  belum  bisa  merubah kebiasaan  sebelum  diberlakukannya  treatment  baris-berbaris. Maka  pembiasaan  baris  berbaris  menjadi kegiatan   pendukung   kedisiplinan   yang   dapat   berdampak   positif   bagi   siswa,   guru   dan   kegiatan pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Pengaruh Pembiasaan Baris-Berbaris Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Siswa Sekolah Menengan Pertama. (2024). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1-7. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/121