Pengaruh Pembiasaan Baris-Berbaris Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Di Luar Kelas Pada Siswa Sekolah Menengan Pertama
Kata Kunci:
Kedisiplinan Siswa, Baris - BerbarisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembiasaan baris-berbaris yang berdampak pada kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Kedisiplinan siswa merupakan hal penting dalam suksesnya pelaksanaan pembelajaran di dalam ataupun di luar kelas. Penulis menjumpai permasalahan kedisiplinan pada siswa SMP Wahidiyah kota Kediri kelas VII C yang lebih rumit dari pada kelas VII lainnya. Disamping itu pula kelas VII C SMP Wahidiyah sering dilakukan di aula yang tidak tersedia tempat duduk, pembatas kelas dan papan tulis, dengan alasan perbaikan yang sedang dilakukan pada kelas asalnya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Wahidiyah Kota Kediri pada kelas VII C dengan jumlah 48 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 minggu dengan 14 tatap muka, dengan durasi setiap tatap muka adalah 2x40 menit. Instrumen penelitian berupa kuesioner kedisiplinan terhadap kegiatan pembelajaran dalam kelas yang meliputi aspek Kedisiplinan diri sendiri, yakni postur tubuh siswa, kedisiplinan seragam siswa, sikap sosial siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran pada siswa. Penelitian ini dibagi menjadi 3 tahapan, pra-treatment, treatment dan pasca-treatment. Instrumen baris berbaris yang dimaksud adalah persiapan barisan, meluruskan barisan, penertiban perilaku selama proses pembelajaran. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat 32 siswa dari 48 siswa yang kurang sesuai dengan aspek kedisiplinan diatas. Pada tahap treatment terdapat 8 siswa dengan tingkat kedisiplinan kurang dari aspek yang diteliti. Dan ketika pasca-treatment terdapat 7 siswa yang masih belum bisa merubah kebiasaan sebelum diberlakukannya treatment baris-berbaris. Maka pembiasaan baris berbaris menjadi kegiatan pendukung kedisiplinan yang dapat berdampak positif bagi siswa, guru dan kegiatan pembelajaran.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.