ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA TINGKAT SMA DI PONDOK KEDUNGLO KEDIRI
Kata Kunci:
Dampak penggunaan handphone, Hasil belajar matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan handphone terhadap hasil belajar matematika siswa tingkat SMA di Pondok Kedunglo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model Miles and Huberman. Penelitian ini melibatkan 27 siswa SMA di Pondok Kedunglo sebagai subjek penelitian dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan hanpdhone di SMA Wahidiyah memiliki lebih banyak dampak negatif daripada dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dari 27 siswa ada 15 siswa yang menunjukkan kecenderungan dampak negatif dan 12 Siswa yang menunjuukan kecenderungan dampak positif penggunaan handphone. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan dalam memanfaatkan teknologi secara efektif dan efisien di lingkungan sekolah maupun pondok.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.