PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

Penulis

  • Baitul Solekhah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Jatmiko Universitas Wahidiyah Penulis
  • Eka Sri Indrayani Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Pembelajaran Langsung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pembelajaran Langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Wahidiyah Kediri pada tanggal 10 Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah trueksperimental. Instrumen penelitian yang digunakan adalah intrumen hasil belajar dan diuji melalui statistic Uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung untuk data hasil ulangan pada kelas eksperimen sebesar 2,378 sedangkan t-tabel pada tarafsignifikan α 5%, maka nila α yang ditunjuk pada tabel t adalah 1,665, sehingga diperoleh thitung≥ttabel (2,378 ≥ 1,665) sehingga H0 ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen adalah 81,33 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dikelas control adalah 73,93. Oleh karena itu jelas adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran kooperatiftipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok bahasan hubungan antar sudut dan hubungan besar sudut pada dua garis sejajar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. (2020). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 33-40. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/87