HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR
Kata Kunci:
Persepsi Siswa , Kompetensi Guru, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas XI IPS 1 SMA Wahidiyah Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Wahidiyah Kediri. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Wahidiyah Kediri, yaitu sebanyak 41 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket/kuesioner dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas XI IPS 1 SMA Wahidiyah Kediri. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya thitung yaitu sebesar 9,14 dan ttabel sebesar 1,684. Karena Hasil uji thitung > ttabel dan nilai probabilitas atau signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru (X) terhadap hasil belajar (Y) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05. Serta koefisien yang diperoleh sebesar 0,309 arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel persepsi siswa tentang kompetensi guru adalah sebesar 30,9% sedangkan 69,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Simpulan penelitian ini adalah dengan persepsi siswa tentang kompetensi guru meningkatkan hubungan yang positif terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas XI IPS 1 SMA Wahidiyah Kediri.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.