HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN DARING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA WAHIDIYAH KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Kata Kunci:
Keterampilan Sosial, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar MatematikaAbstrak
Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Perubahan sistem sekolah dalam bentuk pembelajaran daring menjadi rintangan tambahan terhadap tingkat kesulitan mata pelajaran matematika. Maka adaptasi terhadap sistem baru tersebut sangat diperlukan sebagai usaha meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tingkat hubungan keterampilan sosial pada pembelajaran daring siswa kelas XI SMA Wahidiyah dengan hasil belajar matematika. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif Korelasional. Populasi diambil dari siswa kelas XI SMA Wahidiyah yang berjumlah 215 siswa. Sampel pada penelitian diperoleh dengan metode purposive sampling dengan syarat siswa yang mengisi angket keterampilan sosial. Metode pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk google form dan dokumentasi berupa data siswa dan nilai matematika PAS II dari SMA Wahidiyah. Instrumen penelitian berupa angket keterampilan sosial dan soal matematika PAS II yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data penelitian dianalisis dengan uji normalitas dan uji korelasi linier sederhana. Hasil penelitian dengan koefisien korelasi linier sederhana bernilai 0,459 dan signifikansi 0,00 menunjukkan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran daring memiliki hubungan signifikan yang cukup kuat dan positif dengan hasil belajar matematika.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.