PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING BERBASIS ISLAMI PADA MATERP PERBANDINGAN KELAS VII SMP WAHIDIYAH KEDIRI

Penulis

  • Cahyo Hestiawati Universitas Wahidiyah Penulis
  • Fajar Lestari Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Instrumen Soal, Higher Order Thinking

Abstrak

Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran abad ke-21 ini. Hal ini sesuai dengan Kurikulum 2013 yang menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran yang bisa mendorong siswa untuk memilki keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) atau HOTS. Berdasarkan observasi awal di SMP Wahidiyah, soal yang biasa diberikan kepada siswa dalam pelajaran matematika masih jarang menggunakan soal yang melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen soal Higher Order Thinking. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengadopsi penelitian pengembangan dari Marpadi (2015). Penelitian pengembangan ini dibatasi sampai tahap menganalisis butir soal tes dikarenakan waktu dan keterbatasan penelitian. Pengembangan instrumen soal Higher Order Thinking berbasis islami pada materi perbandingan kelas VII menggunakan 5 tahapan, yaitu menyusun spesifikasi instrumen soal tes, menulis istrumen soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba, dan menganalisis soal tes. Berdasarkan validitas isi dan konstruk keseluruhan instrumen soal dinyatakan valid. Berdasarkan uji coba terbatas terdapat 3 soal yang tidak memenuhi kriteria yaitu nomor 1, 4, dan 9. Dengan demikian penelitian pengembangan ini menghasilkan 7 instrumen soal yang berkualitas sesuai kriteria kelayakan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2021-07-31

Cara Mengutip

PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER ORDER THINKING BERBASIS ISLAMI PADA MATERP PERBANDINGAN KELAS VII SMP WAHIDIYAH KEDIRI. (2021). AL FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 63-71. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/alfarabi/article/view/97