ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI MIA
Kata Kunci:
Google Classroom, Hasil Belajar Matematika, Media PembelajaranAbstrak
Peran guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran sesuai dengan keadaan zaman. Berbagai perkembangan teknologi dan komunikasi media pembelajaran salah satunya yang digunakan adalah Aplikasi Google Classroom. Google Classroom diharapkan menjadi alternatif dalam menjawab persoalan dan hambatan di kelas, khususnya pembelajaran matematika. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui Aplikasi Google Classroom mampu membantu meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitiaan ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan data primer berupa angket dan wawancara serta data sekunder berupa dokumen data kemampuan akademik nilai PTS dan PAS. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dalam Sugiyono yaitu Data Collection (pengumpulan data), reduksi data (reduksi data), display data ( penyajian data), dan verifikasi (kesimpulan). Penelitiaan ini dilakukan di SMA Wahidiyah Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitiaan dari teknik Model Miles dan Huberman dalam Sugiyono didapatkan penggunaan Aplikasi Google Classroom mendapatkan tanggapan yang baik termasuk dengan presentase dalam kategori positif, dan dapat dilihat dari nilai PTS sebelum penggunaan aplikasi dan nilai PAS setelah penggunaan aplikasi Google Classroom mengalami peningkatan hasil belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran bisa membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 AL FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.