PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP
Kata Kunci:
Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep, Creative Problem SolvingAbstrak
Aktivitas belajar siswa masih rendah, sehingga tidak sesuai dengan kurikulum 2013. Begitu pula dengan pemahaman konsep siswa yang masih kurang, ditandai dengan banyaknya hasil belajar yang belum memenuhi KKM. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh creative problem solving terhadap aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Non-Equivalent Control Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan di SMA Wahidiyah Kediri. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh creative problem solving terhadap pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa. Hasil analisis menggunakan uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,02 sedangkan taraf signifikansi α = 0,05. Maka nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi sehingga Ha diterima. Hasil penilaian aktivitas belajar diperoleh nilai rata-rata 4 (kategori baik) pada kelas eksperimen dan nilai rata-rata 1 (kategori kurang baik) pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.