PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Jami' Lamhatil Ma'rifah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Mawadatur Rohmah Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

kerjasama, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match

Abstrak

Pada proses pembelajaran kimia siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran disebabkan kurangnya variasi dalam pembelajaran pada materi yang dibelajarkan kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperattif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. Siswa dibagi kedalam kelompok kecil untuk mencari pasangan kartu yang dipegang. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di SMA Wahidiyah Kediri kelas X MIA semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 pada materi struktur atom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA. Sampel yang diambil penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan ujian yakni pre-test dan post-test, dan lembar observasi kerjasama. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji t bahwa 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima, artinya rata-rata skor hasil belajar siswa pada pelajaran kimia kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata skor hasil belajar siswa pada pelajaran kimia kelas kontrol. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-20

Cara Mengutip

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. (2020). AVICENNA, 1(1), 9-13. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/avicenna/article/view/60