EVALUASI KINERJA KLINIK WAHIDIYAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD
Keywords:
Balanced Scorecard, Kinerja, Analytical Hierarchy ProcesAbstract
Suatu organisasi baik perusahaan manufaktur maupun jasa memerlukan adanya sebuah sistem pengukuran kinerja. Hal ini untuk mengetahui sampai sejauhmana kinerja perusahaan, apakah sesuai dengan visi misi yang ditetapkan. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner dan wawancara. Dari perolehan data tersebut dilakukan perhitungan dengan metode Analytical hierarchy Process (AHP). Kemudian untuk pengukuran kinerjanya menggunakan metode Balanced Scorecard. Hasil pengolahan dan analisa menunjukkan bahwa perspektif pelanggan menjadi prioritas utama dengan hasil peningkatan 2,686. Sedangkan untuk perspektif lainnya menempati perhatian selanjutnya dengan urutan perspektif bisnis internal meningkat sebesar 1,937, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran meningkat sebesar 0,870. Adapun perspektif finansial mengalami penurunan sebesar 1,586. Dengan demikian kinerja klinik wahidiyah sudah bisa dikatakan cukup baik, karena telah memenuhi sebagian kepuasan pasien terhadap keluhannya. Akan tetapi perlu adanya perbaikan di bagian manajemen keuangan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 INOVASI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.