EVALUASI KINERJA KLINIK WAHIDIYAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

Penulis

  • Abdullah Amin Ma’ruf Universitas Wahidiyah Penulis
  • Astria Hindratmo Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Balanced Scorecard, Kinerja, Analytical Hierarchy Proces

Abstrak

Suatu  organisasi  baik perusahaan  manufaktur  maupun  jasa  memerlukan  adanya  sebuah  sistem  pengukuran kinerja.  Hal  ini  untuk  mengetahui  sampai  sejauhmana  kinerja  perusahaan,  apakah  sesuai  dengan  visi  misi  yang ditetapkan. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner dan wawancara. Dari perolehan data tersebut dilakukan  perhitungan  dengan  metode Analytical  hierarchy  Process (AHP).  Kemudian  untuk  pengukuran  kinerjanya menggunakan  metode Balanced  Scorecard. Hasil  pengolahan  dan  analisa  menunjukkan  bahwa  perspektif  pelanggan menjadi  prioritas  utama  dengan  hasil  peningkatan  2,686.  Sedangkan  untuk  perspektif  lainnya  menempati  perhatian selanjutnya dengan urutan perspektif bisnis internal meningkat sebesar 1,937, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran meningkat  sebesar  0,870.  Adapun  perspektif  finansial  mengalami  penurunan  sebesar  1,586.  Dengan  demikian  kinerja klinik  wahidiyah  sudah  bisa  dikatakan  cukup  baik,  karena  telah  memenuhi  sebagian  kepuasan  pasien  terhadap keluhannya. Akan tetapi perlu adanya perbaikan di bagian manajemen keuangan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

EVALUASI KINERJA KLINIK WAHIDIYAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. (2020). INOVASI, 1(1), 21-27. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/inovasi/article/view/168