PENGEMBANGKAN MEDIA DISPLAY PAPAN TIKAR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BERHITUNG PADA ANAK
Kata Kunci:
Kemapuan Kognitif, Pembelajaran, Display Papan TikarAbstrak
Taman kanak-kanak, merupakan jenjang pertama seorang anak mengenyam pendidikan. Dengan pembelajaran yang dikemas dengan dalam bentuk permainan yang mudah namun berpengaruh dalam perkembangan motorik maupun kognitif anak. Untuk menyusun model pembelajaran kognitif, guru diharapkan mengacu kepada pedoman, kemampuan kognitif dipersiapkan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak. Kemampuan fisik dan motorik berupa sikap dan tindakan saat kegiatan. Kecepatan berfikir, bahasa dan kognitif, ketiga aspek tersebut saling terkait terutama saat anak dituntut berfikir hasil penjumlahan dan harus menjawabnya dengan menempelkan kertas yang telah dibentuk sesuai dengan hasil penjumlahan. Aspek moral agama, diwujudkan dalam tindakan kejujuran dan kegiatan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan. Melalui media pembelajran “display papan tikar” anak juga menjadi lebih mengenal karakter dalam bentuk kertas yang telah dibentuk menjadi karakter tumbuhan dan hewan. Hal tersebut secara tidak langsung memicu imajinasi serta daya ingat anak akan nama tumbuhan dan hewan sekaligus berfikir hasil penjumlahan. Ini termasuk langkah awal dalam menumbuhkan kemmapuan kognitif yang merupakan suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Disisi lain, Warna-warna terang dikenal mampu meningkatkan semangat dan minat belajar, rasa ingin tahu pada anak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 JURPARIA
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.