PENGEMBANGKAN MEDIA DISPLAY PAPAN TIKAR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BERHITUNG PADA ANAK

Penulis

  • Faizzatul Wahidah Universitas Wahidiyah Penulis
  • Reni Sulistiana Universitas Wahidiyah Penulis
  • Dhian Dwi Nurwenda Universitas Wahidiyah Penulis

Kata Kunci:

Kemapuan Kognitif, Pembelajaran, Display Papan Tikar

Abstrak

Taman kanak-kanak, merupakan  jenjang  pertama  seorang  anak  mengenyam  pendidikan.  Dengan pembelajaran yang dikemas dengan dalam bentuk permainan yang mudah namun berpengaruh dalam perkembangan motorik maupun kognitif anak. Untuk menyusun model pembelajaran kognitif,  guru diharapkan mengacu kepada pedoman,    kemampuan  kognitif  dipersiapkan  guru  untuk  meningkatkan  kemampuan  dan  kreativitas anak. Kemampuan  fisik  dan  motorik  berupa  sikap  dan    tindakan  saat  kegiatan.  Kecepatan  berfikir,  bahasa  dan kognitif,  ketiga  aspek  tersebut  saling  terkait  terutama  saat  anak  dituntut  berfikir  hasil  penjumlahan  dan  harus menjawabnya  dengan  menempelkan  kertas  yang  telah  dibentuk  sesuai  dengan  hasil  penjumlahan.  Aspek  moral agama,  diwujudkan  dalam  tindakan  kejujuran  dan  kegiatan  berdoa  sebelum  dan  sesudah  kegiatan. Melalui  media pembelajran  “display  papan  tikar”  anak  juga  menjadi  lebih  mengenal  karakter  dalam  bentuk  kertas  yang  telah dibentuk menjadi karakter tumbuhan dan hewan. Hal tersebut secara tidak langsung memicu imajinasi serta daya ingat anak akan nama tumbuhan dan hewan sekaligus berfikir hasil penjumlahan. Ini termasuk langkah awal dalam menumbuhkan  kemmapuan  kognitif  yang  merupakan suatu  proses  berpikir  berupa  kemampuan  untuk menghubungkan,    menilai  dan  mempertimbangkan  sesuatu.  Disisi  lain, Warna-warna  terang  dikenal  mampu meningkatkan semangat dan minat belajar, rasa ingin tahu pada anak.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2020-07-31

Cara Mengutip

PENGEMBANGKAN MEDIA DISPLAY PAPAN TIKAR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP BERHITUNG PADA ANAK. (2020). JURPARIA, 1(1), 1-13. https://jurnal.uniwa.ac.id/index.php/jurparia/article/view/122